Illustration and Web Design

Beberapa hari ini gw seriiiiiing banget googling soal web design dan buka buka deviantart. Entah mengapa banyak banget inspirasi yang dateng #happyface 😀 wuuuuuuuuh wuuuuh #jumpoverthefence okay, that’s enough -____-

Oiya boleh cerita dikit gak? Boleh gak? Boleh ya? Blog gw ini wuaahahahahahha #laughingmaniacally

Jadi pertama kali gw tertarik soal digital arts because of saudara gw yang amat gw cintai sebut saja namanya Azzura, much love for you :*

Dari dulu kita berdua emang sering banget buka deviantart. Awalnya karena cuma nyari background buat presentasi, tapi lama-lama Azzura mulai nyoba buat sendiri karyanya dan bikin account deviantart. Dia nyari tutorial di deviantart dan belajar sendiri photoshop lewat HELP doang. Iya help doang, dan dia jago banget loh. Ini salah satu karya dia, judulnya phantasmagoria.

Phantasmagoria, it means :

– A fantastic sequence of haphazardly associative imagery, as seen in dreams or fever.
– A constantly changing scene composed of numerous elements.
– Fantastic imagery as represented in art.

Keren kan adek gw? Keren dong, liat aja kakaknya #ditabokAzzura.

Iya begitulah, sekamar bareng Azzura dan ngeliat dia enjoy banget ama photoshopnya bikin gw penasaran. Gw emang suka gambar dan fokus gw emang traditional art, tapi kayaknya photoshop seru hahaha. Jadi, gw minta Azzura ajarin gw basic photoshop yang dia tau. Belajar ama adek? Aneh? Why not, yang namanya belajar gak musti ama yang lebih tua kok. Dan gw gak malu untuk mengakui gw diajarin adek gw sendiri :]

Dan sekarang alhamdulillah gw udah bisa pake photoshop. Yang tadinya gw cuma bisa kagum ama karya orang deviantart, sekarang gw bisa buat sendiri. Dan gw akan terus improve kemampuan gw 😀

Nah, balik ke topik awal. Web Design, awalnya gw gak tertarik sama mereka. Begitu kuliah di fasilkom, wow. Ternyata web design keren banget looooh. Gw banyak baca referensi dari web designer depot. Artikel mereka bagus dan ngasih inspirasi banget buat kalian yang pengen tau lebih banyak soal web design.

Terus apa hubungannya web design ama illustration? Wah jelas ada dong 😀

Pertama gw coba definisikan dulu deh Illustrated:

  1. To make clear;
  2.  To make clear by giving or by serving as an example or instance;
  3.  To provide with visual features intended to explain or decorate.

Nah pada kenyataannya illustrasi di web design itu merangkap 2 fungsi sekaligus. It beautifies while it clarifies, mempercantik sekaligus memperjelas. Jadi kalau misalnya illustrasi dalam web design cuma ngerjain 1 fungsi aja, lo harus memikirkan kenapa. Bukannya gw bilang suatu design atau illustrasi gagal kalau cuma punya satu fungsi, tapi akan lebih baik kalau kedua fungsi tadi bisa berjalan berdampingan seperti aku dan dia. Dan itulah yang membuat gw tertarik sama web design. Menantang.

Itu dulu deh cerita gw. Sekarang kuliah lagi banyak tugas T.T #curhat. Kalo sempet gw update lagi deh. Bye 😀

Leave a Reply

